oktaviawinarti.com

Jurnal Puasa Pekan 3 - Tahap Kepompong Kelas Bunda Cekatan

Konten [Tampil]

jurnal puasa

 

Cerita tentang Puasa Pekan Ketiga

Pada pekan ketiga, Saya berpuasa untuk scrolling medsos. Saya puasa tidak membuka akun medsos seperti WA, IG, FB, dan Youtube

Berikut ini adalah sepenggal cerita bagaimana kualitas puasa Saya terhitung sejak tanggal 10 April 2022 sampai dengan 16 April 2022.

Hari pertama - Excellent

Hari pertama puasa scrolling medsos lumayan terbantu dengan kejadian nggak terduga, yaitu ketika Arza sakit diare dan butuh perawatan intensif di rumah. Saya jadi nggak fokus sama sumber distraksi (hp), karena biasanya Saya sering scrolling lewat benda gepeng itu. Saya hanya membuka medsos di jam 1 siang s.d 3 sore untuk mengecek grup WA terkait amanah di komunitas.

Hari itu benar-benar kondisi terlelah yang Saya alami selama puasa ramadan. Udah ya nahan lapar dan haus, harus ekstra sabar, dan ikhlas dengan ujian yang diberikan Allah melalui anak.

Saya merangkumnya dalam Jurnal Kepompong Day 17. Saya sama sekali nggak bisa fokus mikir untuk membuat satu artikel blog, tapi Saya merefleksikan hari itu dalam catatan doa yang Saya tulis di sebuah buku.

Hari kedua - Satisfactory

Puasa hari kedua, Saya masih lumayan kalap tapi masih bisa membatasi diri untuk nggak sebentar-sebentar cek notifikasi HP. Saya membuka medsos pukul 10.00 WIB, 13.00 WIB, dan 19.00 WIB.

Saya belum bisa mengembalikan fokus untuk menulis, karena pada hari itu Pak Suami menyusul Arza (red: sakit), sehingga energi dan fokus Saya terkuras habis. Jurnalnya Saya tulis di Jurnal Kepompong Day 18.

Hari ketiga - Satisfactory

Saya senang karena bisa menuangkan ide untuk menulis artikel blog setelah dua hari vakum nggak nulis sama sekali. Saya memaksa diri keluar dari belenggu atau mental blocked untuk kembali menulis apapun yang terlintas di kepala.

Saya merasa kualitas produktifitas hari itu meningkat tapi untuk puasa scrollingnya nggak berjalan sesuai batasan yang sudah Saya tetapkan. Saya masih suka nabrak waktu untuk nggak scrolling. Saya membuka medsos pada pukul 07.00 WIB, 13.00 WIB, dan 18.00 WIB.

Perjalanan di hari ketiga puasa bisa intip di Jurnal Kepompong Day 19. 

Hari keempat - Need Improvement

Puasa hari keempat tepatnya tangal 13 April 2022 tidak berhasil Saya lakukan. Pasalnya Saya membuka sosmed hampir sepanjang hari.

Rinciannya: jam 08.00, jam 12.00, jam 13.00, jam 17.00, dan jam 20.00 WIB. Dari pagi, siang, sore, dan malam di-gas terus. hehe

Ceritanya selengkapnya bisa cek di Jurnal Kepompong Day 20.

Hari kelima - Excellent

Hari kelima Saya lagi nggak mood untuk melakukan aktivitas apapun. Setengah hari Saya gunakan untuk tidur. Tapi Saya bersyukur karena bisa menulis satu artikel di hari itu. Dan Saya berhasil nggak cek medsos di luar jam yang telah ditentukan.

Saya hanya membuka medsos pukul 13.00 WIB. Cerita di hari kelima puasa Saya tulis pada Jurnal Kepompong Day 21.

Hari keenam - Satisfactory

Hari keenam puasa, Saya belum bisa menahan diri untuk tidak scrolling. Jatuh bangun hari keenam bisa intip di Jurnal Kepompong Day 22.

Saya masih kalap untuk cek medsos di jam yang sudah ditentukan yaitu pukul 13.00 WIB dan di luar jam yang ditentukan yaitu pukul 08.00 WIB dan 10.00 WIB.

Hari ketujuh - Need Improvement

Hari ketujuh puasa gagal Saya taklukan. Saya masih nggak bisa menahan hawa nafsu untuk tidak scrolling. Alhasil banyak agenda yang Saya tunda karena gagal puasa. Kalau dirinci kayaknya hampir sepanjang hari Saya buka medsos, huhu. #poorme

Cerita hari ketujuh Saya sematkan pada Jurnal Kepompong Day 23. Monggo kalau mau baca~

Dari 7 hari tantangan puasa scrolling medsos di pekan ini, Saya merasa belum maksimal menjalaninya. Tapi kalau diminta memilih apa yang sudah berhasil di pekan ini, Saya rasa Jurnal Kepompong Day 19 bisa mewakili keberhasilan di pekan ini. Meskipun secara kualitas, puasa di hari ketiga nggak begitu baik dibanding hari lain yang badge-nya excellent.


jurnal puasa bunda cekatan


Kunci Keberhasilan di Pekan Ini

    1. Menahan diri untuk tidak buka sosmed di pagi hari 
      2. Fokus mengerjakan aktivitas bermakna
        3. Menjauhi sumber distraksi (re: HP)

        Pekan ini masih jauh dari ambang harapan. Secara pribadi, Saya kurang sreg dengan puasa yang sudah Saya jalani selama sepekan. Jatuh dan bangun sangat terasa di pekan ini.

        Semoga pekan depan alias pekan terakhir puasa di tahap kepompong bisa Saya jalani dengan mudah. Huhu #ngarep. Bismillah, re-komitmen lagi dengan apa yang dijanjikan pada diri sendiri.

        Pekan depan Saya akan melanjutkan puasa scrolling medsos. Doakan ya Sobi supaya nggak mencla-mencle lagi. wish me luck!

        Indikator Scrolling medsos

        Excellent: Buka hanya di jam 1-3 siang kecuali ada urgensi
        Very Good: Buka jam 10 pagi (durasi 1 jam)  dan jam 1-3 siang
        Satisfactory: Buka jam 6 pagi, jam 10 pagi, dan jam 1-3 siang 
        Need Improvement: Buka sepanjang hari tanpa batas waktu

        Surat Untuk Buddy

        tahap kepompong


        Related Posts

        Post a Comment