oktaviawinarti.com

Cara Meluluhkan Hati Wanita, Tips Ampuh ala Okta!

Konten [Tampil]
Cara Meluluhkan Hati Wanita


Hai Sobi! 
Pernah nggak sih kalian dengerin celetukan teman pria, "Cewek kenapa ribet banget sih?" atau " Yaelah kayak gitu doang baper," atau "Iyadeh wanita selalu benar!" ?

Pasti pernah dong ya? Sudah menjadi stigma di dalam masyarakat bahwa perempuan itu makhluk yang pemikirannya sangat rumit dan sulit untuk dimengerti, gampang baper (bawa perasaan). Tapi apakah benar seperti itu ?

Nah pada kesempatan kali ini, Saya akan berbagi tentang cara meluluhkan hati wanita ala Saya. Lha kenapa nggak nulis sebaliknya (tips meluluhkan hati pria)? Eiiits..itu nanti ya Sobi. Sabar-sabar hehe.

Jadi, artikel ini Saya tulis untuk ikutan #14daysBlogspediaChallenge, lumayan buat mengencangkan otot-otot tangan (biar nggak mager nulis ceritanya mah).

So, kita ke topik bahasan kita ya soal gimana cara meluluhkan hati wanita. Buat kalian para pria atau bapak-bapak yang tidak sengaja mampir  ke blog ini, mohon disimak baik-baik. Semoga habis ini kalian dapat ilham untuk menghibur istri atau pasangan kalian yang sering gundah gulana atau uring-uringan. Check this one out!

Keistimewaan Wanita

Rasulullah Shalallahu'alaihi Wassalam mengibaratkan wanita seperti gelas-gelas kaca. Gelas kaca lebih mudah untuk retak dan pecah. Berbeda dengan gelas aluminium atau gelas besi.Ini yang kemudian dirupakan dengan hati wanita yang mudah tersentuh dan terluka.

Ketika wanita mendapatkan perlakuan yang kurang baik seperti cacian, makian, kata-kata yang kurang pantas, bahkan bentakan, itu bisa membuat hatinya terluka. Wanita adalah makhluk yang memiliki tingkat sensitifitas yang lebih besar daripada pria.

Kelebihan ini sebenarnya merupakan anugerah dan rahmat dari Allah. Sebab dengan kesensitifannya, ia menjadi orang yang mudah menyayangi dan mudah berempati.

Dengan kelebihan itu, wanita yang dikodratkan untuk haid, hamil, dan menyusui, mudah mencurahkan kasih sayangnya kepada anak-anak.

Dari seorang ibu yang bahagia, akan tercipta anak-anak yang bahagia pula. Anak-anak yang bahagia akan tumbuh dengan baik. Secara fisik, kognitif, afektif, dan psikis, ia akan tumbuh menjadi manusia yang memiliki konsep diri yang matang.

Jadi, wanita itu istimewa banget lho. Nah gimana supaya keistimewaan yang ada pada wanita itu tetap terjaga fitrahnya? Selain dari peran dirinya sendiri, tentu perlu didukung oleh orang sekitarnya. Kalau berbicara tentang perannya sebagai seorang istri atau ibu, maka pria a.k.a pasangannya-lah yang wajib mendukung penjagaan fitrah feminitas yang ada pada wanita.

Saya sebagai Seorang Wanita

Terlahir sebagai wanita selama 26 tahun, membuat Saya harus meredefinisi peran yang Allah sematkan ini kepada Saya. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa, Saya merasakan betul perubahan yang signifikan pada diri sebagai seorang wanita.

Yang paling terasa adalah kebaperan Saya yang semakin menjadi-jadi. Hehe

Kalau kata Elaine Aaron pada bukunya Being Less Sensitif Person, ada orang yang disebut dengan HSP (Highly Sensitive Person). Apa tuh?

HSP adalah keadaan dimana seseorang memiliki kemampuan untuk merasakan atau merespon stimulus dengan lebih mendalam dibandingkan dengan kebanyakan orang pada umumnya.

Secara singkat Saya mau menjelaskan bahwa orang HSP itu mereka lebih peka dan cepat memahami atau membaca situasi. Tapi karena ia mampu merasakan sesuatu secara mendalam maka ia menjadi orang yang mudah tersinggung, overthinking, dan stress kalau tidak bisa mengendalikan kemampuannya itu.

Mencuri Hati Wanita



Saya tidak mengatakan bahwa semua wanita itu HSP. Ada orang-orang tertentu yang memang diberi kelebihan Allah secara genetik dengan kesensitifannya. Kalau Saya gimana? Mungkin Saya salah satunya.

Sebagai wanita, Saya merasa mudah tersentuh dengan kebaikan, Saya juga nggak tegaan sama sesuatu. Melihat kucing terlindas di jalan saja hati jadi trenyuh. Apalagi melihat korban kecelakaan. Saya nggak tega melihatnya. Cius.

Sampai sekarang kalau lagi PMS juga jadi mudah senggol bacok. Tersinggung sedikit, bubar jalan. Kalau ini karena pengaruh hormonal kewanitaan. Wajar kalau jadi lebih sensitif. Karena pengaruh hormonal juga nggak bisa diprediksi ya. Perlu kesadaran diri untuk ngerem sebelum bereaksi. Salah-salah anak orang lain yang kecipratan amarah.

Sebetulnya ini yang jadi tantangan buat Saya pribadi untuk jadi orang yang bisa mengendalikan diri ketika ada di kondisi more sensitive. Hehe. Setelah tahu nih gimana karakter wanita dan bonusnya tentang Saya sebagai HSP, Saya mau membocorkan cara meluluhkan hati wanita ala Saya. Yuk cuzz catet yaa...


Cara Meluluhkan Hati Wanita

1. Dipuji

Wanita itu senang dipuji. Contohnya, coba deh setiap doi ganti sabun mandi atau parfum, puji mereka dengan setulus hati dan nggak terkensan meledek.

"Wah...wangi banget yang baru mandi," atau "Makin cantik aja sih neng," Auto klepel-klepek deh.

Tapi ada juga ya pujian yang nggak pada tempatnya malah membuat wanita itu jadi kesal. Misalnya gini, "Sekarang kamu berisi ya badannya, makin cantik," auto disembur api oleh wanita. Haha

Kita juga bisa puji hasil kerja keras atau perjuangannya semisal, "Selamat ya udah menang lomba blogger, tulisanmu kece abis!"

Hal-hal semacam itu yang membuat wanita bisa berbunga-bunga sepanjang hari. Mereka suka kata-kata manis dan diucapkan dengan tulus oleh orang lain.

Untuk contoh lainnya Sobi bisa cek tulisan Saya tentang Complimenting Strangers. Ini bisa diterapkan juga untuk memuji wanita.

2. Diberi kejutan/hadiah

Ada 3 hal yang tidak bisa ditolak oleh anak-anak yaitu dongeng, bermain, dan kejutan/hadiah. Wanita pun begitu. Ia adalah makhluk yang menyukai hal-hal unyu semacam kejutan/hadiah. Sebenarnya nggak perlu hadiah yang mahal atau bermerk, asalkan itu di-deliver dengan ketulusan.

Contohnya kalau hari libur, Pak Suami masakin makanan kesukaan Saya. Hoho Itu termasuk sebuah keromantisan yang bikin hati Saya senang banget. Karena nggak perlu capek cuci piring dan masak. 

Atau ya paling mudah banget kalau wanita lagi badmood, kasih minuman kesukaan dia. Pasti senang banget deh! Hadiah itu bukan dilihat dari fisiknya kok! Sentuhan makna dan ketulusan kita adalah syarat mutlak yang bisa membuat hati wanita jadi bahagia setelah menerima kejutan/hadiah.

3. Diperhatikan 

Wanita itu senang diperhatikan. Ia suka ditanya tentang hal-hal yang disukainya. Jadi, kalau sedang ngobrol dengan wanita, biasakan untuk memfokuskan arah pembicaraan pada dirinya.

Sebenarnya nggak harus saklek banget. Wanita akan jauh lebih dihargai dan merasa dirinya itu "dianggap" kalau kita memberikan perhatian lebih kepadanya.

Kemudian, untuk bapak-bapak yang baca tulisan ini Saya mohon untuk lebih 'ngopeni' istrinya. Kita tahu lah ya bahwa seorang wanita yang juga menyandang peran sebagai ibu dan istri nggak punya banyak waktu untuk mengurus dirinya sendiri. Syukur-syukur dia sadar dan mau self care, kalau nggak? Ini tugas bapak-bapak sekalian untuk bersedekah lebih kepada istrinya.

Coba pijitin punggungnya pas lagi santuy. Atau sekedar buatin cokelat panas untuknya. Duh itumah senang banget. Nggak perlu bayarin treatment macem-macem kayak ke salon. Udah mah nyenengin, hemat di ongkos pula. Menang bandar!Wkwk

langkah meluluhkan hati perempuan

4. Dibantuin

Kadang seorang wanita itu suka gengsi untuk minta tolong duluan. Nggak semua wanita begini sih, tapi kalau Saya termasuk yang gengsian. Haha

Namun itu semua berubah ketika di tahun kedua pernikahan, Saya jadi nggak malu-malu lagi untuk minta tolong suami kalau Saya lagi butuh bantuan. Capek hati kalau nunggu pergerakan dari doi. Alhamdulillah. Tapi dari hati terdalam pengen banget kalau doi mengerti sikon (situasi dan kondisi).

So, supaya bikin hati wanita luluh adalah dengan bantuin doi tanpa harus diaba-abain atau dikode-kodein dulu. Memang nggak semua pria itu "peka" dengan kode sih. Jadi kudu terbiasa untuk membaca momen. Atau mudahnya ditanya aja, " Bund, kamu mau dibantuin apa? sini sini Ayah bantuin,". 

5. Dijajanin

Wanita itu suka banget ngabisin uang suami jajan. Emtah itu jajan kosmetik, barang-barang lucu di marketplace, mainan anak, gamis, dan lain lain. Ehe kalau Saya mah nggak suka jajan yang begitu. Paling kalau nggak jajan martabak, kebab, eskrim atau paling mevvah ya buku.

Masing-masing wanita beda ya jenis jajanannya. Jadi kalau mau jajanin doi, tanya dulu apa keinginannya. Salah-salah nanti doi malah ngambek. Pokoknya konfirmasi dulu kalau mau beliin atau jajanin sesuatu.
 

6. Didengerin

Kalau ini mah fix no debat ya. Semua wanita itu punya 20.000 kata per hari yang perlu untuk dilampiaskan. Jangan kaget kalau sudah menikah banyak kata atau kalimat yang terlontar dari mulut wanita. Mau itu curhatan, gagasan, omelan dan segala macam hal yang diutarakan wanita.

Pria kudu paham karena kalau kebutuhan 20.000 kata itu kalau tidak disalurkan akan membuat wanita rungsing. Jadi seisi rumah tidak akan bahagia jika wanita sudah marah-marah atau mendumel.

Luangkan waktu untuk mendengarkan ocehan demi ocehannya. Pokoknya dengerin aja. Jangan dipotong atau diinterupsi, kecuali doi minta pendapat atau respon. Wanita itu sebenarnya cuma butuh didengerin. Nggak dikasih solusi juga nggak apa-apa (kecuali doi minta).

7. Dimengerti

Kalau wanita tiba-tiba jadi badmood atau galau sebaiknya jangan didiamkan. Semakin galau, sebenarnya wanita itu butuh pengertian dari orang-orang di sekitarnya. Butuh di-puk-puk kalau kata anak jaman sekarang mah.

Kalau doi sedang merasa tertekan, coba untuk menenangkan hatinya. Jangan di-judge apalagi dicari kesalahannya. Sebenarnya doi hanya butuh support yang tulus dari orang terdekatnya.

Wanita itu senang kalau pasangannya mau mengerti keadaannya, kesusahannya, uneg-unegnya. Sediakan pundak untuk bersandar dan tempat untuk berkeluh kesah untuknya. 

Nah.. jadi itu Sobi 7 cara meluluhkan hati wanita ala Saya. Kalau sudah dicoba, laporan disini yaa hehe. Semoga bermanfaat dan berhasil untuk mencuri hati wanita pujaanmu!

Wassalam.




Related Posts

Post a Comment