oktaviawinarti.com

Tantangan 30 Hari Day 4 - Tahap Kepompong Kelas Bunda Cekatan

Konten [Tampil]


tahap kepompong


Pada pekan ke-5 di tahap ulat Saya sempat mendengarkan Podcast Raditya Dika tentang beberapa cara agar bisa produktif. Salah satu caranya adalah doi sering bangun pagi untuk ngerjain sesuatu yang produktif yang butuh konsentrasi tinggi.

Itu kunci agar doi tetep konsisten melakukan hal yang disukai. Nggak perlu diragukan lagi ya soal karya-karya yang udah pernah doi buat. Hampir semua bukunya itu best seller. Apakah itu termasuk latihan 10.000 jamnya supaya bisa expert dalam menulis? Bisa jadi iya. Hehe

Secuil pengantar ini semoga bisa menjadi motivasi untuk Saya dan Sobi yang mungkin ingin mengasah ilmu agar lebih cekatan di suatu bidang. Nggak ada kata terlambat untuk memulai, daripada nggak memulai sama sekali. Yok semangat yok!

tahap kepompong bunda cekatan


Ceritaku Hari Ini

Alhamdulillah hari ini Saya bisa bangun lebih pagi. Qodarullah, tepat pukul 02.45 WIB Saya bangun dari tidur dan mengerjakan rutinitas pagi. Saya senang sebab bisa mengerjakan hal yang Saya senangi saat suasana hening. Otak jadi lebih fresh dan ide-ide baru bermunculan.

Hasil tulisan pagi tadi Saya publish di blog ini dengan judul Fakta Indonesia yang Jarang Diketahui: Indonesia Punya 5 Komunitas Keren! 

Saat menulis artikel tersebut, Saya merasa bahagia. Sebab itu adalah salah satu aktivitas yang Saya sukai yaitu berkomunitas. Dari artikel itu Saya juga jadi berkaca tentang diri Saya. Apa yang sudah Saya lakukan untuk kemajuan bangsa ini?

Well, agak berat juga sih jawabnya. Karena kita nggak akan bisa berbuat apa-apa untuk negeri ini kalau kita belum bisa berbuat sesuatu untuk lingkungan terdekat kita, yaitu keluarga. 

Oke, Kita balik ke jurnal ini yah. Hehe maaf agak melebar. Tapi jujurly, Saya agak terbawa suasana dengan apa yang Saya tulis tadi pagi. Semacam tamparan halus kali ya. Padahal itu tulisan niatnya buat menuntaskan tantangan 14 hari menulis blog dari blogspedia.

Pekan ini Saya masih ingin puasa begadang supaya bisa bangun lebih pagi. Lumayan okelah progressnya hehe. Karena dari 7 hari berpuasa itu, Saya bisa bangun tepat waktu selama 2 kali.👏👏 #kasihapplauseuntukdirisendiri

Kemudian, satu hal lagi yang sangat Saya syukuri adalah Saya bisa buatin Arza mainan untuk melatih kecerdasan berbahasanya. Ide main ini Saya adopsi dari bekal my buddy  yaitu seperangkat modul do it yourself (DIY) yang lengkap pakai banget!! Next Saya mau coba buat lagi sesuai kebutuhan Arza untuk  pekan depan. 

 

tahap kepompong buncek

                                      

Insight

Kita perlu memprioritaskan aktifitas hanya untuk hal-hal yang penting saja. Ingat konsep 20 : 80.

Fokus pada 20% hal saja bisa membuat perubahan besar dalam hidup. Dengan memprioritaskan sedikit hal, dapat memberikan dampak yang lebih signifikan untuk kehidupan.

Saya akui hari ini sudah lebih dari cukup untuk mensyukuri segala nikmat yang datang pada Saya. Nimat sehat dari Allah, kemudian support dari orang terdekat, juga orang-orang yang mendoakan kita di luar sana. 

Saya juga menyadari bahwa kita itu perlu mengapresiasi diri. Kasih reward kecil-kecilan untuk merayakan setiap proses tumbuh. Supaya kita nggak melulu menyalahkan diri sendiri. Insyaa Allah...selalu ada Allah yang nemenin kita untuk level up.

Last but not least, jangan lupa berterima-kasih pada orang-orang terdekat yang membantu proses belajar kita yaa. Mereka sangat berarti untuk hidup kita. 






Related Posts

Post a Comment