oktaviawinarti.com

Tantangan 30 Hari Day 2 - Tahap Kepompong Kelas Bunda Cekatan

Konten [Tampil]
tahap kepompong kelas bunda cekatan


Hal yang ingin dilatih


Ilmu yang ingin Saya latih selama satu bulan ini adalah membangun kebiasaan kecil (atomic habit) yaitu bangun lebih pagi untuk menulis 1 artikel per-hari.

Indikator
Excellent: Bangun jam 3
Very Good: Bangun jam 4
Satisfactory: Bangun jam 4.30
Need Improvement: Bangun jam 5 ke atas


buncek tahap kepompong


Cerita Hari Ini


Hari ini Saya bangun pukul 4.00 WIB. Mungkin waktu optimal Saya untuk istirahat idealnya adalah 6 jam. Jadi setiap Saya telat 1 jam untuk tidur malam, maka waktu bangun tidur akan bergeser 1 jam.

Qodarullah, sudah hari ke 6 Saya berpuasa begadang. Sangat berpengaruh terhadap performa Saya dalam mengatur waktu dan prioritas.

Saya bisa menuntaskan satu artikel dalam dua jam. Tapi belum termasuk mendesain cover judul artikel. Saya agak kewalahan soal desain-mendesain sehingga perlu pengalokasian waktu yang lebih lama. Hehe

Sebetulnya, Saya nggak terlalu memusingkan tentang bagus atau tidaknya desain Saya. Tapi selama itu jelas dibaca dan nggak mengganggu penglihatan orang yang melihat sudah lebih dari cukup.

Saya tindak ingin memasang standar yang tinggi untuk urusan desain-mendesain karena Saya sadar masih merangkak dalam mempelajari itu.

Prioritas Kegiatan


Prioritas kegiatan yang Saya buat selama menjalani tantangan 30 hari adalah hal yang membahagiakan, urgent, dan rasa puas dalam mengerjakannya.

Saya mengkategorisasikannya berdasarkan kebutuhan Saya dan keluarga.

Highlight kegiatan Saya hari ini yaitu menulis artikel di blog, menstimulasi tumbuh kembang Arza (2 thn) dengan aktivitas bermain dan belajar, dan memasak.

Qodarullah, hari ini Saya dimudahkan pekerjaannya oleh Pak Suami. Doi dengan sukarela memasakkan makanan untuk kami sekeluarga.

Siang harinya kami pergi untuk menemani aktifitas Pak Suami mengikuti pertandingan sepak bola di kabupaten sebelah. Cukup melelahkan. Karena kami berangkat jam 2 siang dan sampai di rumah pukul 8 malam. Hehe

Saat kick off dimulai, Saya dan Arza bermain sepak bola di arena sebelahnya yang permukaannya tanah. Tekstur tanahnya agak berpasir dan tidak licin. Jadi Arza bisa dengan bebas berlari sambil menendang bola.

Di sela-sela itu, Arza mengamati berbagai macam objek dan benda yang ada di lapangan. Saya menerangkan beberapa nama benda yang ia tunjuk. Doi sangat senang dan antusias berada di sana. 

Masyaa Allah. Senang sekali rasanya menemani aktifitas Pak Suami, jadi sekalian menstimulasi fitrah belajar Arza.

Insight Hari Ini

Di minggu terakhir Maret ini, Komunitas IP Semarang sedang ada persiapan untuk kegiatan pembukaan Ramadhan Ceria. Sejak jauh-jauh hari Saya sudah menyiapkan kebutuhan yang diperlukan berkenaan dengan peran yang Saya ambil.

Karena Saya sadar tidak bisa mendesain sekali jadi, maka Saya mengerjakan modul tantangan selama kegiatan Ramadhan Ceria beberapa hari sebelum pembukaan ini.

Sebetulnya grup panitia sedang riweuh dengan agenda persiapan. Tapi Saya sadar diri untuk tidak mengambil beberapa peran. Karena energi Saya sudah lumayan tersedot untuk mengikuti 3 challenge menulis sekaligus. 

Saya ingin memberikan kesempatan pada teman-teman lain yang belum berkontribusi untuk mengambil peran itu.

Kalau belum bisa berkontribusi lebih, lebih baik jujur pada diri sendiri dan bersikaplah asertif. Kita tidak bisa menyenangkan hati semua orang.

Dan...kita perlu banget mengembalikan energi dan mood kita dengan olahraga rutin. Agar badan tetap fit ketika digunakan untuk mengerjakan berbagai macam aktifitas.

Saya merasa seminggu terakhir ini badan sangat jompo. Kayaknya ini larm tubuh untuk olahraga lagi.

tahap kepompong


Related Posts

Post a Comment