oktaviawinarti.com

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan

Post a Comment
Konten [Tampil]

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan 

Assalamualaikum!

Hei Sobi! Alhamdulillah di kelas bunda cekatan ini Aku udah sampai di tahap telur merah.

Telur merah adalah lanjutan dari 5 aktivitas yang telah Aku identifikasi sebagai kegiatan yang Aku suka dan bisa di jurnal telur hijau. Dari 5 aktivitas telur hijau yang sudah dipilih, kita akan memperdalam lagi keterampilan yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas yang membahagiakan tersebut.

Keterampilan dan Aktivitas adalah dua hal yang berbeda. Keterampilan bisa dikatakan keahlian atau bakat untuk menyelesaikan suatu kegiatan. Sementara Aktivitas adalah kegiatan (dalam bentuk kata kerjanya). 

Contohnya, aktivitas yang Aku suka dan bisa adalah menulis jurnal populer di blog atau website. Untuk menunjang kegiatan menulisku tersebut, Aku butuh keterampilan riset dan mengolah data serta keterampilan  menulis dasar seperti membuat kerangka tulisan dan mengembangkan ide tulisan yang baik agar mudah dipahami pembaca blog atau website.

Nah keterampilan ini diharapkan mampu menaikkan level kegiatan/aktivitas yang kita suka dan bisa tersebut. Kemudian identifikasi keterampilan yang sudah dikuasai untuk dipelajari lebih dalam sehingga kompetensi melakukan aktivitas tersebut upgrade atau naik level.

Keterampilan yang bisa kita asah ada 2 macam yaitu hard skill dan soft skill. 

Hard skill mencakup bakat atau ilmu pengetahuan dasar yang bisa kita pelajari atau kita dapatkan di jenjang formal atau hal lain seperti pelatihan, seminar, magang, short course, dan training. contohnya menjahit, fotografi, menulis, dan sebagainya.

Soft skill mencakup keterampilan yang bisa dipelajari dengan banyak berinteraksi dengan orang lain serta melatih kepekaan terhadap lingkungan. Soft skill ini bisa jadi melekat sebagai kepribadian atau atribut personal kita di lingkungan sekitar. Contohnya keterampilan komunikasi, manajemen emosi, manajemen waktu dan sebagainya.

Telur Merah = Lacak Keterampilanmu!

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan


Di tahap ini Aku akan share langkah-langkah gimana cara menemukan telur merah. Seperti yang tertulis di awal artikel, di telur merah ini kita akan memperdalam keterampilan berdasarkan aktivitas yang sudah kita identifikasi sebagai aktivitas yang kita suka dan bisa. Kita hanya akan memilih 5 macam keterampilan yang ingin kita prioritaskan berdasarkan  eisenhover matriks .

Sebelum lebih jauh spoilernyaa, perkuliahan di Institut Ibu Profesional ini punya salah satu karakter moral, yaitu one bit at a timeartinya untuk menguasai sesuatu sampai taraf tertentu sebaiknya dilakukan satu dalam satu waktu. Ambil sedikit kunyah pelan-pelan sampai habis lalu ambil lagi yang baru.

Kalo kita melakukan sesuatu secara sporadis tentu memerlukan banyak fokus dan gak maksimal. Kita hanya akan membuang banyak energi kita. Lebih baik mengatakan TIDAK pada sesuatu yang menarik saat ini di hadapan kita, karena sesungguhnya kita tidak tahu dan belum terlalu butuh dengan itu. 

Fokus sama satu hal, kunyah pelan-pelan setiap prosesnya. Apabila sudah selesai dengan satu hal itu, baru kerjakan hal lainnya.

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain. (QS Al-Insyirah ayat 7)

Magika berpesan agar kita jangan pernah berhenti belajar. Mulai dari tahap telur hijau,  kemudian telur merah dan tahap selanjutnya sampai dengan tahap kupu-kupu, proses ini akan selalu berkesinambungan. Jangan pernah takut salah.

Orang yang beruntung adalah dia yang mau belajar dari kesalahan masa lalu.

Kalo ternyata sampai di tahap ini kita merasa 'ini bukan aku banget' kayanya ada yang salah deh. Justru itu malah bagus, karena tujuan dari pembelajaran di kelas ini adalah 'melacak kekuatan diri'. 

Tugas kita terus mencoba untuk menemukan 'identitas' kita. Apa bakat yang sebenarnya Allah titipkan kepada kita?

Who is that girl i see

Staring staight back at me?

When will my reflection show

Who i am inside?

Habis dengerin lagu ini Aku jadi bertanya-tanya. Apakah benar Aku sudah menemukan diriku seutuhnya? Apa sebenarnya yang menjadi kekuatanku ? We'll see.

Langkah - Langkah Melacak Keterampilan

Perjalanan menemukan diri adalah perjalanan yang jauh ke dalam penuh dengan perenungan. Sedikit demi sedikit kita maknai proses ini sebagai upaya kita menjadi insan yang mulia. Jangan dilakukan dengan tergesa-gesa, karena yang tergesa-gesa itu datangnya dari syaitan. Karena tujuan kita adalah menyandang gelar ibu profesional yang berdaya, berguna dan bahagia.

Nah..inilah langkah-langkah melacak keterampilan untuk dimasukkan ke dalam telur merah.

  1. Dari aktifitas suka-bisa itu kita list keterampilan apa saja yang bisa kita tingkatkan agar kebahagiaan kita berjalan nyaman. Pastikan keterampilan itu mendukung aktivitas di telur hijau
  2. Kelompokkan keterampilan tersebut ke dalam 4 kuadran eisenhover matrix (penting-mendesak atau penting-tidak mendesak)
  3. Cari irisan keterampilan yang dibutuhkan dari aktivitas di telur hijau
  4. Dari kuadran penting-mendesak dan penting-tidak mendesak inilah yang diambil 5 keterampilan yg dijadikan telur merah

Fokus Utama Keterampilan : Kuadran PENTING 

Batasan untuk kita mengetahui apa sebenarnya keterampilan yang harus diprioritaskan terlebih dulu adalah di kuadran PENTING matriks eisenhover.

Masa belajar di kelas bunda cekatan hanya 6 bulan dari bulan Januari sampai dengan bulan Juni. Itu artinya ada tenggat waktu yang diatur agar kita bisa mengatur strategi. Mau mulai yang mana dulu? Tentu kita harus tahu dulu bagaimana mengelompokkan keterampilan pada matriks eisenhover

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan
Eisenhover Matriks/Sumber: kejarmimpi.id

Matriks ini memiliki 4 kuadran,

  1. Penting dan Mendesak : Do. Do it now! Kerjain sekarang juga gak pake ditunda. 
  2. Penting dan Tidak Mendesak : Decide. Schedule a time to do it! Kita bisa jadwalin kegiatan ini dengan cara mencicilnya atau menyusun target penyelesaiannya supaya lebih terencana.
  3. Tidak Penting dan Mendesak : Delegate. Who can do it for you? Kegiatan ini sebaiknya didelegasikan kepada orang lain yang kita percaya kalo kita punya limit waktu yang sedikit dan kurang berkapasitas di hal itu.
  4. Tidak Penting dan Tidak Mendesak : Delete. Eliminate it! Lupakan dan bisa dilihat lagi ketika kegiatan di ketiga kuadran sudah tuntas atau jika kebutuhan prioritas berubah.

Kita bisa menentukan sendiri strategi yang akan kita gunakan. Kita bisa memilih 5 keterampilan sekaligus di telur merah, atau memilih 2-3 keterampilan saja. 1 pun gak masalah. Merdeka belajar, belajar merdeka. Kita sendiri yang menentukan bergantung dari pertimbangan masing-masing.

Kalo Aku pribadi akan memilih 5 keterampilan di tahap telur merah. Dan seperti kata magika, gak semuanya harus selesai dalam waktu 6 bulan, kita bisa meletakkan itu semua menjadi bank ide yang akan kita lanjutkan setelah kelas bunda cekatan ini selesai. Pertimbangannya akan Aku tulis selanjutnya.

Tahap 1 - Keterampilan yang Menunjang Aktivitas di Telur Hijau

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan

5 Aktivitas Suka-Bisa di Telur Hijau

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan

Keterampilan yang Mendukung Telur Hijau (1) 

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan

Keterampilan yang Mendukung Telur Hijau (2)

Keterampilan yang sudah Aku list, aku dapetin dari riset dan pengalaman ya. Terus Aku juga lagi butuh keterampilan itu hehe. Jadi gak main asal-asalan nulis. Biar makin mantep dan yakin aja untuk menunaikannya.

Tahap 2 - Skala Prioritas Keterampilan 

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan

Menentukan Prioritas Keterampilan Berdasarkan Eisenhover Matriks

Aku mempertimbangkan keterampilan yang masuk ke dalam kuadran penting berdasarkan durasi belajarku selama ini terkait aktivitas tersebut dan kapasitas skill yang ingin aku tingkatkan. Jadi, Aku ingin mengasah dan menambah jam terbangku.

Tahap 3 - Menemukan Irisan Keterampilan yang Dibutuhkan

Ada satu irisan keterampilan yang mendukung semua aktivitas yaitu keterampilan manajemen waktu. Manajemen waktu sangat penting untuk menjaga efektivitas dan kualitas dari aktifitas yang kita butuhkan untuk ditingkatkan skill-nya

Kemudian teknik copywriting. Keterampilan ini sangat Aku butuhkan untuk kegiatan menulis artikel populer di blog yang sedang Aku tekuni sekarang. Bahkan bisa membuat earn. Kadar bahagiaku bisa meningkat kalau ada orang lain yang tergerak karena membaca tulisanku.

Karena menulis di blog itu perlu ilmu pendukung lain selain teknis menulis copywriting, Aku juga menuliskan keterampilan blogging pemula dalam kuadran penting agar tidak saling tumpang tindih. 

Copywriting juga bisa Aku terapkan pada pekerjaan membuat konten di sosmed dan membagikan insight. Keduanya memang saling bersinggungan sehinga kebutuhan untuk menulis dengan teknik ini sama-sama penting. 

Oiya, jadi berbagi insight ini sebetulnya adalah proses perenunganku setelah melalui banyak peristiwa,tempat,waktu dan orang. Sehingga dari sinilah Aku tergerak untuk menuliskannya sebagai catatan atau jurnal pribadi baik itu di medsos maupun di blog. (tapi lebih sering di status WhatssApp sih) 😅😅

Tahap 4 - Memasukkan 5 Keterampilan ke Telur Merah

Upskills, Mau Terampil dalam Hal Apa? | #TelurMerah Kelas Bunda Cekatan

Telur Merah : 5 Keterampilan Prioritas

Dari beberapa keterampilan yang sudah Aku masukkan ke dalam kuadran Penting, akhirnya aku memilih 5 besar keterampilan yang akan Aku asah di kelas bunda cekatan ini. 

  • Blogging
  • Copywriting
  • Manajemen Waktu
  • Tahsin
  • Solat Khusyuk

Blogging, Aku ingin berkarya dalam dunia blogger karena kebutuhanku untuk menyimpan buah pemikiran di media digital. Selain dapat dinikmati oleh diri sendiri, juga bisa dinikmati oleh orang lain. Keputusanku ini sudah bulat sejak tahun lalu. Untuk itu Aku ikut komunitas Blogger juga agar menunjang keproduktifan serta keprofesionalanku di bidang ini.

Copywriting, seperti yang sudah Aku jelaskan sebelumnya, copywriting termasuk keterampilan yang Aku butuhkan untuk membangun personal brandingku sebagai penulis.

Manajemen Waktu, Aku berharap bisa konsisten untuk menerapkan manajemen waktu dengan mengetahui metode yang pas untukku sesuai kebutuhanku di telur merah ini. 

Tahsin, Insyaa Allah 3 bulan lagi akan bertemu dengan bulan ramadhan. Aku merasa butuh mempelajari Tahsin lagi karena skill-ku keliatan menurun, sudah lama gak belajar Tahsin dari guru secara langsung. Ini juga Aku ikhtiarkan agar Aku bisa lancar menghafal qur'an dan mentadabburinya. 

Solat Khusyuk, ramadhan tahun lalu Aku berkesempatan ikut kelas Tadabbur dan mendapatkan pelatihan khusus belajar solat khusyuk. Menurutku ini adalah kebutuhan dasarku sebagai muslim untuk lebih mindfull dengan segala aktivitas yang aku jalankan saat ini. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus Aku benahi adalah Solatku.

Alhamdulillah.. Jadi itulah perjalananku menemukan telur merah. Semoga setelah ini akan ada kejutan yang membuatku berbinar-binar mengerjakan jurnal selanjutnya. Hehe

Salam dari kota Lumpia yang barusan hujan.. 🤭😊

#institutibuprofesional
#hutankupucekatan
#lacakkekuatanmu
#jurnalmaintelurmerah

Related Posts

Post a Comment