oktaviawinarti.com

Bunda Cekatan, Belajar Menjadi Manager Keluarga ala Institut Ibu Profesional

38 comments
Konten [Tampil]

Bunda Cekatan, Belajar Menjadi Manager Keluarga ala Institut Ibu Profesional

Bunda Cekatan, Belajar Menjadi Manager Keluarga ala Institut Ibu Profesional - Assalamu'alaikum Sobi!

Minggu lalu, Aku udah sharing tugas jurnalku di kelas telur-telur Bunda Cekatan, yaitu cara melacak kekuatan diri dengan melist aktifitas harian berdasarkan peran yang sedang kita jalankan dan memilih hanya aktifitas yang kita suka dan kita bisa melakukannya. 

Itu adalah segelintir dari sebagian besar tahap di kelas Bunda cekatan. Hari ini Aku mau kasih tau gambaran besar dari kelas yang sedang Aku ikuti tersebut.

Bunda Cekatan, Belajar Menjadi Manager Keluarga ala Institut Ibu Profesional

4 Tahap di Kelas Bunda Cekatan

Tahap di Kelas Bunda Cekatan

Ada 4 tahap yang harus ditempuh agar bisa lulus dari kelas ini. Ada apa aja ?

1. Kelas Telur-telur

2. Kelas Ulat-ulat

3. Kelas Kepompong

4. Kelas Kupu-kupu

Pasti sampai sini bingung kan kenapa nama kelasnya mirip proses metamorfosis sempurna? Nah inilah uniknya ketika belajar di Institut Ibu Profesional. Kita bakalan diajak belajar tanpa mengenal rasa lelah, kita diajak seneng-seneng terus. Persis saat kita masih kecil sukanya maiiiiin terus. Energi kita kayak gak pernah habis kalo buat main. Karena pada dasarnya kita adalah homoludens, makhluk yang senang dengan bermain. 

Konsep belajar juga begitu. Secara fitrah, kita diciptakan untuk senang mempelajari sesuatu. Energi kita gak pernah habis untuk ngulik sesuatu yang kita suka. 

Inilah yang kemudian diadopsi menjadi metode belajar di Institut Ibu Profesional. Dengan diciptakannya metode gamifikasi, kita belajar tapi kayak lagi main. Proses belajar kaya gini yang bikin kita lebih cepet ngerti dan merasakan pengalaman belajar yang berbeda dari biasanya. 

Ditambah selalu ada tantangan di tiap tahapannya supaya kita makin penasaran buat naklukinnya. "Aku sudah sampai tahap ini, wah aku mau coba tahap selanjutnya. Akan seperti apa ya?"

Nah kaya gimana sih 4 tahapan itu ? Ok Kita mulai dari Tahap pertama yaitu, Telur-telur.

Bunda Cekatan, Belajar Menjadi Manager Keluarga ala Institut Ibu Profesional

Tahap Telur-Telur

Di tahap ini, kita akan mengenal tentang siapa diri kita dan mengidentifikasi kekuatan diri kita. Sehingga kita paham akan cekatan di bidang apa saja. Hal ini akan membuat kita bisa menentukan kebutuhan belajar, apa saja mata kuliah yang harus dikuasai dan tau bagaimana mencarinya. Learn How to Learn.

Di entries sebelumnya yaitu tahap telur-telur Bunda Cekatan, Aku udah jabarin gimana cara menentukan kekuatan diri dengan cara melist tiap aktivitas harian yang kita bisa dan kita suka.

Bunda Cekatan, Belajar Menjadi Manager Keluarga ala Institut Ibu Profesional

Tahap Ulat-Ulat

Kemudian, tahap ulat-ulat ini, kita sudah akan makan sesuai kecukupan tubuh kita. Kita akan belajar mencari ilmu dan sumber ilmu darimana saja. Menjumput setiap makanan yang sehat dan diperlukan oleh tubuh kita. Keterampilan kita mencari makanan yang tepat akan diuji di tahap ini.

Mirip kayak ulat ya...di tahap ini kita akan mencari makanan a.k.a sumber ilmu dan ilmu yang sesuai dengan kekuatan atau potensi kita. Jadi kita gak buang-buang waktu untuk mencari hal lain di luar potensi yang kita miliki.

Bunda Cekatan, Belajar Menjadi Manager Keluarga ala Institut Ibu Profesional

Tahap Kepompong

Di tahap ketiga ini, kita udah gak makan lagi. Kita mulai puasa untuk menjalankan tirakat. Memperbanyak laku kehidupan. Mulai menerapkan apa ilmu yang sudah kita dapatkan  dan kita pelajari. Menuliskannya dalam sebuah jurnal dan dikumpulkan ke tim bunda cekatan.

Wah kalo ini belum kebayang akan seperti apa nulis jurnalnya hehe. Kita tunggu yaaps

Bunda Cekatan, Belajar Menjadi Manager Keluarga ala Institut Ibu Profesional

Tahap Kupu-Kupu

Tahap terakhir atau tahap kupu-kupu ini, kita mulai berbagi praktek baik tentang pengalaman yang sudah dikerjakan sebagai bunda cekatan. Memaparkan pengalaman dan mulai berbagi kepada orang lain.

Tentu ini bukan akhir dari perjalanan ya sobi... Karena kita akan melalui kelas selanjutnya di Kelas Bunda Produktif dan Kelas Bunda Salihah. 

Pastinya lebih menantang dan semakin membuat kita berbinar-biar dalam menyandang status sebagai perempuan, istri dan ibu. 

Aturan Main dan Perbekalan

Keempat tahap tersebut saling berkesinambungan. Jadi, kalo kita skip satu tahap aja kaya ada yang kurang dan tentu hasilnya kurang maksimal. Nah, terus nanti ada yang nilai gak sih kalo kita udah buat jurnal di tiap tahapan? 

Jawabannya ada. Tapi...fungsinya gak menilai bagus atau tidak bagusnya jurnal. Ada KorHap (Koordinator Tahapan) yang akan mengecek apakah konten jurnal sudah sesuai template yang ditentukan oleh Magika dan apakah link pengumpulan jurnal bisa diakses atau tidak.

Lalu keunikan lainnya di Institut Ibu Profesional gak ada jurnal yang benar atau salah. Kita bebas menentukan apa yang akan kita tuangkan di dalam jurnal. Baik dalam bentuk tulisan, audio digital dan lain sebagainya. Yang penting semuanya dijalani dengan bahagia.

Di kelas Bunda Cekatan ini juga disediakan berbagai macam perbekalan untuk melalui 4 tahapan kelas. Mulai dari peta perjalanan, jadwal perjalanan, dan ground rules. Selalu ada kejutan di setiap tahapnya. Oleh karena itu, kita harus mengerti di awal bagaimana cara bermain agar bisa mengatur strategi untuk bertahan dan lulus sampai tahap akhir di kelas ini.

FYI, kunci sukses bermain di setiap tahapan adalah istiqomah mengerjakan setiap tugas yang diberikan oleh Widyaiswara dan Magika. Selalu mengutamakan adab sebelum ilmu.

Untuk member Ibu Profesional, mungkin gak asing dengan istilah Code of Conducts (CoC) atau Pedoman Perilaku Bermartabat. Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengikuti perkuliahan di Institut Ibu Profesional. 

Sebelum memulai perkuliahan kita harus mengulang kembali COC agar setiap langkah kita dalam melalui proses perkuliahan sejalan dengan value ibu profesional.

Yihiiiy, jadi itulah 4 tahap yang akan Aku lalui nanti. Dan saat ini masih berproses di tahap yang pertama. Semoga bisa lulus sampai akhir ya. (Mohon doanya)

Nantikan entries lainnya di blog ini. Ikan teri ikan hiu, see you 😊

#KelasBundaCekatan

#InstitutIbuProfesional


Related Posts

38 comments

  1. Terima kasih untuk sharingnya mbak, sepertinya program ini menarik. Bagaimana cara daftarnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pas banget momentnya. kunjungi website www.konferensiibupembaharu.id/skui-hall dan Pilih booth seknas yaa. Disitu ada icon WhatsApp untuk info lebih lanjut dan icon handphone untuk langsung daftar dan menuntaskan pembayaran.

      Delete
  2. Programnya cukup menarik, sayangnya saya belum punya istri alias belum berkeluarga. Untuk saat ini saya bookmark terlebih dahulu agar kedepannya mudah untuk menunjukkan kepada istri. hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mas. Makasih ya sudah berkunjung ke blog ini

      Delete
  3. terimakasih kak okta sudah berkenan berbagi ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama. Makasih ya udah berkunjung, senang sekali.. :)

      Delete
  4. Tahap ketiga ketika menjadi kepompong sepertinya berkaitan erat dengan mempelajari lebih dalam sembari bersabar. Kelas ibu Profesional ini memang rekomendasi. Terima kasih infornya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas kayaknya lebih banyak praktek dan praktek dan sabar jalaninnya. Next kita liat ya hehe. Yupp sangat cocok untuk para perempuan hehe

      Delete
  5. Bisa nih ku rekomendasikan ke ibu² komplek, siapa tau pada mau ikut program ini🀭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolelaaah spil2 ke ibu-ibu siapatau berminat hehe thx ya mas sudah berkunjung :)

      Delete
  6. enak ya, anak yang lahir di saat sekarang yang udah banyak pelatihan kayak gini dan info atau promo buat pelatihan kayak gini relatif gampang dijangkau jadi ibu2nya jadi lebih berwawasan lagi :)
    karena saya pribadi percaya, ibu adalah madrasah pertama buat anak..
    Btw, nice info!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba bener banget. Karena terbantu kemajuan zaman ya jadi informasi darimanapun bisa kita jangkau. Ngebayangin ortu jaman dulu belajarnya otodidak dan ga banyak juga yg proaktif untuk mencari tau tentang ilmu ini selain copas gaya pengasuhan yg terdahulu.
      Mungkin ini privilege juga ya jadinya hehe.

      Iya mbaa feb, kalo bahas ttg ibu tuh kaya ga ada habisnya karena belajarnya sepanjang hidup ya. :')

      Delete
  7. Aku sampai sekarang belum kesampaian untuk ikutan IBu profesional huhu. pengen banget ikutann. Mau daftar tapi kok maju mundur syantikk gitu mba huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mba belum merasa butuh hehe itu gakpapa kok. Dulu aku pun maju mundur karena ngerasa belum siap aja. Nunggu momentumnya sih kalo aku mah XD

      Delete
  8. Wah, pas nih saya bacanya pas hari ibu, hehe. Semoga tetep semangat ya Mbak sampai tahap 4. Kalau misal tahap 1 kita gak lolos berarti kita nggak bisa ikut tahap 2 kah? Atau tetap ikut dengan skip tahap 1?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mba.. Selamat hari ibu :D

      Makasih semangatnya mba.. Kalo tahap 1 ga lolos, bubar jalan mba hehe.

      Karena ini berjenjang mba jadi gak boleh Skip satupun. Ilmunya itu terintegrasi satu dgn yg lain. Kalo ga lolos, ngulang lagi. Hehe

      Delete
  9. Tulisannya selalu menginspirasi. Keren..
    Mau ikutan juga mbak. Ini kegiatannya online kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba dinda. Makasih ya semoga bermanfaat :D
      Iyaa. Jadi ini kegiatannya ini mayoritas online. Lagi pandemi juga kan, ditambah omicron dateng. Hehe

      Ada Agenda offline tapi terbatas aja tergantung komponen yang dipilih.

      Aku ikut dari 2019 sampe sekarang masih online.

      Delete
  10. Selalu angkat jempol, salut dengan ibu-ibu yang tergabung dalam Ibu Profesional. Udah lama lihat kegiatannya yang asik-asik, tapi mau bergabung masih maju mundur nih hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun salut dengan semangat teman-teman di komunitas ip mba. Hehe

      Berkomunitas itu pilihan kok, gak gabung juga gak apa-apa. Yang penting bahagia menjalani peran πŸ˜„

      Makasih mba sudah mampir ke blogger newbie ini eheheh

      Delete
  11. konsep yang menarik dalam menambah ilmu dan kemampuan manajerial sebagai seorang ibu.

    ReplyDelete
  12. Wah ini menarik banget kak kegiatannya. Makasih ya udah sharing kegiatan inspiratif semacam ini. Sukses selalu untuk kakak dan kegiatan-kegiatan menarik lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Makasih udah berkunjung di blog ini ya :)

      Delete
  13. Sering banget dengar tentang Ibu Professional ini. Program-programnya emang keren sih.. Wajar kalau kelas ini tuh selalu rsamib.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu Profesional masih terus berbenah agar lebih terasa kemanfaatannya untuk perempuan Indonesia. Doakan ya kakak :)

      Delete
  14. Aku udah follow ignya tapi maju mundur dulu waktu open registrasi mahasiswa baru, takut ga fokus karena anak masih bayi. Semoga tahun depan buka lagi ya, jadi pengen kuliah kehidupan di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutin tiap kegiatannya mba kalo luang hehe biar tambah yakiiin. Di sini juga banyak ibu-ibu yang punya anak bayi, jadi lebih semangat belajarnya :D semoga dimudahkan ya mba utk join taun depan

      Delete
  15. saya baru dengar tentang program ini, bagus untuk para ibu dan perempuan Indonesia nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kak udah berkunjung di blog ini semoga bermanfaat :)

      Delete
  16. Semangat mba, semoga bisa lulus sampai akhir. Alhamdulillah saya udah wisuda Bunda Saliha batch #1 hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaa allah.. Mba lintang :D senang sekalii disemangatin sama kaka tingkat.

      Aku kudu berguru niii sama mba lintang hehe

      Delete
  17. Kemarin-kemarin sering berseliweran tentang kelas Ibu Profesional dari following instagram. Ternyata menarik banget ya programnya. Bener-bener dibutuhkan banget nih untuk para istri dan ibu :') makasih informasinya Kaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak ikfi.
      Sangat bermanfaat untuk saya pribadi hehe. Semoga banyak perempuan yang bangga dan bahagia menjalankan perannya saat ini :D

      Delete
  18. keren banget ya dengan kegiatannya, super aktif dan produktif. Tahap kupu-kupu ini kayaknya tahap paling ditunggu ya. Saya suka tulisan yang dapat memotivasi diri seperti ini kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Excited kak kalo ikut perkuliahan nya karena penuh dengan tantangan hehe.

      Nah itu.. Aku belum tau, semoga istiqomah belajar sampe tahap akhir.

      Semoga bermanfaat ya kak. :)

      Delete
  19. jadi penasaran dan pengen ikuti juga sapa tau kan bisa jg diterapkan dalam kehidupan sehari2 saya dan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bisa...
      Aplicable ini untuk semua kalangan, bapak-bapak juga hehe

      Delete

Post a Comment