oktaviawinarti.com

Pengalaman Baca Berita dan Nonton Live Streaming di Aplikasi IDN App

Konten [Tampil]

IDN App

Semenjak pandemi yang mengguncang dunia 3 tahun yang silam, Aku jadi skeptis banget dengan berita yang berseliweran di media sosial.

Kenapa? Dari kacamataku, berita yang tersaji ketika membuka portal digital menjadi sangat bervariasi dan rawan HOAX.

Aku pernah punya pengalaman kurang mengenakan karena buntut dari pandemi itu, Aku jadi pakeweuh (dalam bahasa jawa artinya nggak enakan) dengan salah satu sepupuku. Doi seringkali memposting berita bodong yang nggak tahu juntrungannya di grup Whatsapp keluarga.

Sebagai mantan jurnalis kampus dan pengamat dunia literasi, Aku puanas poll dong dengan hal merugikan semacam itu. Akhirnya Aku berusaha untuk menyampaikan dengan lembut bahwa apa yang dilakukannya itu kurang etis dan berpotensi menimbulkan huru-hara di dalam grup Whatsapp keluarga.

Meskipun audiensi tersebut berakhir tidak sesuai dengan harapan, setidaknya Aku lega karena bisa menyampaikan sikapku terhadap berita bodong yang mengandung HOAX tersebut.

Era Post Truth

Hidup di era ini tanpa mengenal perkembangan dunia digital bakalan ketinggalan jaman banget.Tapi perlu kita tahu nih Sobi, dengan maraknya konten di dunia digital, kita juga perlu membekali diri dengan ilmu. Kita perlu jeli memilih bacaan atau berita yang mengandung kebenaran, bermanfaat, dan baik dikonsumsi oleh otak kita.

Apakah Sobi mengenal istilah post-truth atau pasca-kebenaran?

Menurut The Guardian (2016), post-truth artinya masa setelah kebenaran. “Post” artinya setelah dan “truth” artinya kebenaran. Namun, kata ini spesial karena dalam pengertiannya perlu diperhatikan situasi yang digambarkan setiap kali digunakan.

Berdasarkan penggunaannya, post-truth merupakan keadaan dimana masyarakat tidak terlalu peduli lagi dengan kebenaran.
Website Live Streaming


Menurut Oxford Dictionary, post-truth adalah kata sifat yang menggambarkan keadaan dimana fakta objektif tidak dianggap terlalu penting dalam membentuk sebuah opini. Dengan kata lain fakta dikesampingkan. Sementara emosi, perasaan, dan kepercayaan masing-masing individu lah yang lebih dipentingkan dalam keadaan itu. Hiih ngeri ya jaman sekiki!

Menurut laporan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di tahun 2017, pemberitaan hoax di era post-truth ini makin gencar dengan contoh beredarnya foto-foto yang tidak akurat. Berita hari ini, eh fotonya sudah tiga tahun yang lalu. Samapi kepada berita penuduhan tindakan pelecehan kepada calon presiden Hillary Clinton (pada masa itu) yang mengakibatkan beberapa orang siap melakukan tindakan kekerasan.

Pentingnya Baca Berita Aktual dan Terpercaya

Sebagai digital native (baca: millenial dan gen Z), mengikuti perkembangan dunia digital jadi sebuah kebutuhan. Misalnya ketika Aku bingung harus masak apa hari ini, Aku bisa cari referensi di internet. Ketika Aku mau mencari sekolah atau instansi pendidikan untuk anak, Aku pasti bakalan research dulu informasi ter-update atau review lengkapnya di internet.

Kayaknya hidupku bergantung banget deh sama internet. Soalnya mau nyari atau nanya apapun, sudah ketemu jawabannya detik itu juga. Sungguh sebuah kemudahan yang jarang dirasakan oleh bapak dan ibuku dulu.

Tapi Aku perlu banget untuk mengonsumsi informasi aktual dan terpercaya lewat website yang isinya nggak abal-abal. So pasti mengandung unsur berita terkini, terhangat, dan mengandung fakta yang bisa dipertanggung-jawabkan.

Efeknya bisa kemana-mana loh! Jangan salah, kalau kita asal-asalan baca berita, itu bakalan berdampak pada psikis kita. Berita yang mengaduk-aduk emosi bisa bikin kita jadi mood swing, over-thinking, psiko-somatis, dan efek-efek lainnya yang merugikan.

Apa itu IDN App?

aplikasi baca berita

Aku mau ngenalin nih salah satu aplikasi ramah millenial dan gen-Z yang belum lama Aku kepoin yaitu IDN App.

IDN App merupakan aplikasi baca berita dan hiburan. Selain portal berita, terdapat fitur hiburan yang dapat dimanfaatkan seperti quiz dan aplikasi live streaming.

Berbicara sedikit soal sejarahnya, jadi IDN App ini merupakan salah satu inovasi dari IDN Media, yaitu perusahaan media platform untuk Millennial dan Gen Z di Indonesia, yang saat ini memiliki lebih dari 80 juta Monthly Active Users (MAU) sejak berdiri pada 8 Juni 2014.

Winston Utomo dan William Utomo merupakan dua orang millenial yang merintis berdirinya IDN Media untuk pertama kali. Inovasi yang mereka ciptakan nggak main-main loh Sobi!

Selain IDN App, ada banyak macam unit bisnis dari IDN Media sebagai media platform berbasis teknologi seperti: IDN (content platform); IDN Times, Popbela.com, Popmama.com, GGWP.ID, Duniaku.com, Yummy, FORTUNE Indonesia (digital media), IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH (commercial); serta IDN Pictures dan JKT48 (entertainment). Wuihh buanyak pol!
Berita Hari Ini

Portal Berita di IDN App

Tanpa disadari, Aku sering banget memilih portal berita terlengkap dari anakan IDN Media seperti Popmama.com dan Popbela.com. Karena selain isinya yang sudah diakurasi sedemikian rupa, ternyata topiknya nggak jauh dari emak-emak dasteran macem aku ini.

Jadi betah dong ya. Bahkan nggak jarang untuk bolak-balik nyari informasi seputar parenting, tips kecantikan, kesehatan, dan lain-lain di portal berita IDN ini.

Nah, biar nggak bolak-balik ke halaman pencarian di Google, Aku akhirnya mengunduh apliaksi IDN App di handphone-ku. Biar lebih praktis dan ringkas, beritanya terpampang nyata di hadapanku hohoho.

Caranya gampang banget, tinggal masuk ke playstore (untuk handphone yang OS-nya Android) dan ketik IDN App di kolom pencarian. Langsung unduh dan siap dipakai.

Setelah masuk ke aplikasi, kita wajib login dulu nih. Eits tapi yang belum punya akun, bisa buat dulu akunnya semudah jentikan jari. Tsahh..

Berita Indonesia

Caranya kayak gini ya Sobi;
  1. Masuk dengan akun Facebook atau Google. Pilih salah satu aja yes!
  2. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke emailmu atau SMS.
  3. Setelah memasukkan kode verifikasi, buat password baru sesuai ketentuan.
  4. Setelah membuat password baru, kamu bisa beraktivitas lagi di aplikasi IDN App dengan IDN Account!
Kalau handphone-mu sudah synchronize dengan akun gmail, biasanya sih cuma disuruh milih akun gmail yang mau di-daftarkan ke IDN App. Habis itu nunggu proses boot-nya selesai, langsung siap pakai. Benar-benar semudah jentikan jari Sobi!

Topik di Aplikasi Baca Berita IDN App

Ada banyak banget topik berita di aplikasi IDN App, diantaranya:
  • Health : Berita kesehatan terbaru hari ini untuk generasi millenial
  • Hype : Berita hype terbaru hari ini
  • Korea : Berita seputar K-Pop, Korean Drama, dan Korean News terhangat
  • Life : Motivasi hidup untuk generasi millenial
  • Men : Artikel seputar pria generasi millenial
  • News : Berita terkini dan hari ini di Indonesia dan dunia
  • Opinion : Artikel opini generasi millenial
  • Science : Kumpulan artikel sains terbaru
  • Sport : Berita olahraga terbaru hari ini generasi millenial
  • Tech : Berita teknologi terbaru hari ini generasi millenial
  • Travel : Kumpulan tempat wisata dan rekomendasi rekreasi terbaru di Indonesia
  • Parenting : Berisi tips parenting atau pengasuhan generasi millenial
  • Kecantikan : Berisi tips kecantikan untuk generasi millenial
Sobi tinggal pilah pilih deh topik mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Untuk pembaca setiaku, boleh tuh pilih topik seputar life dan parenting hehe. Biar makin kaya sudut pandang.

Pengalamanku ketika berselancar membaca berita dengan topik seperti kesehatan dan parenting di IDN App, benar-benar mengesankan. Pasalnya isi berita yang ditayangkan sarat dengan pengetahuan dan tidak abal-abal.

Bukan berita yang asal copy paste begitu. Aku paling kuesel dan mangkel kalau dapet berita yang secara penulisan kurang baik dan tidak terstruktur. Apalagi kurang memberi insight kepaca audience. Jadi kayak buang-buang waktu dan nggak efektif banget.

Ditambah cara penulisannya yang berbentuk listicle (artikel yang diatur dalam bentuk poin-poin penting untuk menjelaskan isinya). Jadi ide bacaannya pun langsung to the point. Nggak kesana kemari dan bertele-tele. Ini kriteria bacaan favorit Aku banget!

Nah, dengan adanya portal berita yang beragam topiknya serta cara penulisannya yang to the point, Aku rasa Sobi bisa lebih betah baca berita terkini ala sobat gen Z dan millenial ini di aplikasi IDN App.

Nonton Streamers di Website Live Streaming IDN

aplikasi live streaming
Selain bisa baca berita di portal berita IDN App, kita juga bisa menyimak live streaming di IDN Live dan Website Live Streaming IDN.

Konon, IDN Media berkomitmen untuk menumbuhkan platform live streaming yang diprediksi akan menjadi format konten yang semakin disukai oleh anak muda di masa mendatang.

IDN Live merupakan platform live streaming di aplikasi IDN App yang rilis pada awal tahun 2023. IDN Live itu semacam UGC feature yang memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berkarya menjadi streamers. Untuk para kreator konten yang suka perform dan berbagi ilmu, bisa banget memanfaatkan fitur ini untuk melakukan live streaming di IDN Live.

IDN Live maupun website live streaming IDN, secara manfaat sama-sama memberi ruang bagi para konten kreator (Streamer) untuk menjalin hubungan dengan para penonton (Audience). Streamer bisa membangun interaksi dengan membuat konten menarik yang memungkinkan audience ikut berinteraksi melalui kolom chat.

Audience bisa memberi virtual gift untuk Streamer favorit dan share link streaming ke social media sebagai ajakan untuk nonton live streaming bareng.

Buat yang suka menyimak streaming dari handphone, bisa memanfaatkan IDN App untuk menyaksikan streamers yang sedang live streaming. Sementara yang suka menyimak lewat personal computer atau laptop, bisa banget menyaksikan streamers kesayangan kalian dari website IDN. Jangan lupa untuk login terlebih dahulu ya!

Untuk pengalaman nonton live streaming, sebetulnya Aku belum menemukan streamer yang cocok untuk diikuti di IDN App. Karena ‘mungkin’ belum ketemu streamer yang topiknya Aku banget. Hehe

Paling lama sih mantengin tapping live streaming-nya Popbela yang otomatis ke-stream dari handphone-ku.

Beberapa Istilah di IDN Live

Mungkin ada Sobi yang termenganga dengan istilah yang Aku sebutkan di atas. Nah supaya nggak bingung ketika sedang berselancar di IDN App Live Streaming, pastikan Sobi sudah memahami istilah berikut ini:
  • User. Ini tuh sebutan pengguna aplikasi IDN App. Baik itu audience maupun streamer (user yang membuat konten live streaming).
  • Virtual Gift. Kalau yang ini semacam cara audience mengirimkan ‘hadiah’ atau bentuk apresiasinya kepada streamer dalam bentuk animasi yang akan tampil di room live streaming.
  • Gold. Audience dapat membeli animasi virtual gift menggunkan gold ini.
  • Poin. Kalau streamer mendapatkan virtual gift dari audience, maka otomatis itu akan terkonversi menjadi poin.
  • Redeem. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dalam bentuk rupiah.
Jadi gimana, udah nggak bingung lagi khaan? hehe.

Cara menjadi Streamer IDN Live

Nah untuk menjadi Streamer di IDN Live, ada beberapa persyaratan yang perlu Sobi perhatikan. Persyaratannya adalah sebagai berikut:
  1. Berdomisili di Indonesia
  2. Berusia di atas 18 tahun
  3. Setidaknya memiliki 100 followers di IDN App
  4. Konsisten melakukan streaming setiap hari
  5. Mempromosikan secara positif dan inklusif
  6. Kreaitif, memiliki kepribadian yang ramah dan senang memberikan ide-ide baru
  7. Mematuhi Pedoman serta Syarat dan Ketentuan Komunitas IDN Live
  8. Cara mendaftar menjadi Streamer IDN Live dengan mengisi formulir data diri di Pendaftaran IDN Live New Streamer
Sobi perlu menunggu hasil pendaftaran saat akan menjadi streamer, karena harus melalui tahap seleksi. Kalau ternyata Sobi termasuk kriteria yang diinginkan oleh IDN media, artinya Sobi terpilih menjadi streamer dan siap untuk membuat konten live streaming di IDN live streaming. Yuhuuuu!

Btw, Aku kepikiran juga sih kepengen jadi streamer, eh apa udah cocok ya jadi steamer? Hahah.

Jadi itulah pengalamanku ketika menggunakan IDN App dan dan menonton live streaming di IDN App. Nah, untuk Sobi yang mau bergabung menjadi user IDN App, boleh banget masuk lewat kode referral-ku okt-yoyjwwl8cv biar Aku dapet cuan wkwkwk. Makasih ya Sobi semoga informasi ini bermanfaat!


Sumber:
https://www.zenius.net/blog/era-post-truth
https://www.idntimes.com/tech/trend/idn-live-1/fitur-seru-idn-live-csc/5
https://www.idntimes.com/life/inspiration/productidn/panduan-live-idn-app?page=all


Newest Older

Related Posts

Post a Comment