Peta Perjalanan Belajar di Kelas Bunda Cekatan: Pijakan Sebelum Masuk ke Belantara Ilmu, Tahap Telur Minggu ke-4

Peta Belajar - Tahap Telur Minggu ke-4



Peta Perjalanan Belajar di Kelas Bunda Cekatan: Pijakan Sebelum Masuk ke Belantara Ilmu, Tahap Telur Minggu ke-4

Masuk minggu ke-4 di tahap telur kelas bunda cekatan terasa berbeda dari tahap sebelumnya. Di tahap ini kita akan menggambar peta belajar!

Setelah merenung dan memahami peran sebagai individu, istri dan ibu, kemudian memilih aktifitas yang membahagiakan di telur hijau. Dilanjutkan dengan mencari irisan keterampilan yang akan dilatih di kelas bunda cekatan ini pada telur merah.

Kita diajak untuk merinci setiap ilmu yang diperlukan dalam menunjang semua keterampilan yang dipilih di tahap telur orange. Akhirnya tiba di titik untuk memetakan ilmu yang diperlukan pada selembar kertas yang berisi peta belajar versi diri sendiri.

Langkah-langkah untuk membuat Peta Belajar

Untuk membuat peta belajar yang GUE BANGET, kunang-kunang Ika menjelaskan langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Ambil kertas kosong

2. Tulis topiknya

3. Tulis tujuan belajarnya

4. Tulis ilmu yang dibutuhkan 

5. Bingkai

Lumayan menantang untuk melukis peta belajar yang GUE BANGET. Aku menuangkan ide secara langsung di secarik kertas dengan mempertimbangkan kebutuhanku saat ini.

Aku memilih keterampilan manajemen waktu sebagai prioritas belajar di kelas bunda cekatan. Alasannya ada di sini.

Aku mencari waktu untuk merenung, menyelami diri lebih dalam dan menulis beberapa hal yang menjadi kendala terbesar selama mengatur waktu.

Aku menemukan pola yang sesuai dengan kebutuhanku untuk mengatur waktu. Sebelumnya Aku menulis 4 ilmu yang berkaitan dengan manajemen waktu yaitu:

  • Manajemen diri
  • Solat Khusyuk
  • Metode manajemen waktu
  • Riset dan mengelola data

Di tahap ini Aku menyadari bahwa ada ilmu yang kalau dipelajari di kelas ini akan menyita banyak waktu. Sehingga Aku memutuskan untuk mengeliminasi dua ilmu yaitu metode manajemen waktu dan riset mengelola data.

Setelah dipangkas menjadi lebih ramping, sudah mulai kelihatan hilalnya dan jelas Aku mau melangkah kemana.

Aku mengelompokkan tiga ilmu yang mengarah ke tujuan belajar atau strong why yang telah Aku buat di telur orange.

Ada tiga besar ilmu yang ingin aku fokuskan di kelas bunda cekatan ini.


Peta Perjalanan Belajar di Kelas Bunda Cekatan: Pijakan Sebelum Masuk ke Belantara Ilmu, Tahap Telur Minggu ke-4

3 ilmu yang dibutuhkan untuk menunjang aktivitas menulis artikel dan konten

3 ilmu ini yang akan mendukung keterampilan manajemen waktuku sebagai seorang penulis konten dan artikel. 

Untuk sholat khusyuk yang sebelumnya ada di telur orange, akan aku breakdown ke dalam ilmu disiplin waktu sebagai sub-ilmu.

Aku melukiskan peta belajar secara sederhana menggunakan aplikasi Canva seperti yang terlihat di gambar.


Peta Perjalanan Belajar di Kelas Bunda Cekatan: Pijakan Sebelum Masuk ke Belantara Ilmu, Tahap Telur Minggu ke-4

Peta Belajar: Time Management as a content writer

Tujuan Belajar

  • Menentukan prioritas dan mengatur perencanaan yang matang sebelum menulis konten dan artikel
  • Meningkatkan fokus dalam menulis dengan mengurangi distraksi
  • Membangun kebiasaan disiplin waktu dalam menulis konten dan artikel
Insyaa Allah, selama 2022 ini Aku menargetkan untuk membuat 7 artikel per hari dari side hustle dan 2 konten tulisan per minggunya untuk blog pribadi.

Dari pengalaman selama ini, untuk membuat 1 artikel/berita membutuhkan waktu 1-2 jam dengan distraksi. Kalo sudah ada topik bahasan dan bahannya bisa lebih cepat dari itu.

Sementara untuk membuat artikel di blog pribadi lumayan lama, sekitar 3 jam tanpa distraksi. Mungkin juga karena Aku yang terlalu perfeksionis. hehe

Semua kegiatan menulis dilakukan di awal waktu pagi sebelum semua penghuni rumah bangun dan disela-sela kegiatan rumah tangga. Biasanya jam tidur siang anak. 

Aku merasa belum berkomitmen dengan jadwal yang ala kadarnya itu. Oleh karenanya, Aku masih trial n error mencoba segala macam cara yang pas untuk mengubah kebiasaan mengatur waktu.

Aku tidak  mengharap waktu yang instan untuk cepat berubah, tapi selama ini dicoba dan dipraktekkan dengan benar, Aku berharap ada perubahan yang signifikan. Terutama untuk kegiatan yang membahagiakan seperti menulis konten dan artikel di blog.

3 Ilmu yang dibutuhkan

Ilmu Manajemen Diri

Di jurnal yang lalu, Aku menulis pecahan dari ilmu manajemen diri dengan decision making dan mindfulness. Setelah Aku bedah lebih dalam, Aku tidak akan mempelajari lebih mengenai itu, tapi akan mengulik lebih jauh tentang mengatur ulang prioritas dan membuat perencanaan.

Kajian tentang set up priority and planner bisa dipelajari melalui buku Tony Buzan tentang mindmapping. 

Ilmu Meningkatkan Fokus

Aku jadi butuh banget ilmu ini setelah sadar bahwa diriku mudah terdistraksi oleh berbagai hal. Salah satunya dentingan suara handphone yang berisi notifikasi di sosmed, kemudian scrolling di media sosial. 

Kalo dipikir-pikir, itu tidak perlu-perlu amat karena tidak masuk dalam kuadran suka-bisa juga. Maka itu Aku ingin belajar mengelola distraksi sekaligus meningkatkan kesadaran (mindful) agar lebih fokus menulis artikel dan konten.

Setelah cari referensi, Aku mau dengerin podcastnya Denaye Barahona,P.hD tentang simple families foundations, gimana mengatur fokus dalam rumah dan seminar dari Chrish Bailey tentang hyperfocus (mengatur fokus sebagai kunci produktifitas, kreatifitas dan hidup yang bermakna).

Buku yang sempat saya cari sebelumnya adalah tentang Don't Feed the Monkey Mind yang akan memperkaya khazanah seputar mengelola distraksi.

Ilmu Disiplin Waktu

Untuk membiasakan diri mengerjakan rutinitas dan berdampak pada kehidupan yang lebih baik, Aku perlu disiplin menyelesaikan suatu kegiatan yang mampu menghasilkan kebiasaan menetap.

Nah, meskipun terlihat seperti ritual sederhana, kalo dilakukan dengan sungguh-sungguh dan berkesadaran akan mengubah perilaku secara signifikan dan hasil yang optimal.

Ilmu tentang sholat khusyuk (Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani) dan atomic habit (James Clear) menjadi satu diantara sumber ilmu yang akan kupelajari untuk menunjang kebiasaan disiplin waktu ini.

Selain itu, mengikuti kajian tadabbur ayat dari Nouman Ali Khan, Ust Nuzul Dzikri, dan Ust Budi Ashari tentang manajemen waktu Nabi melalui YouTube channelnya.

Bismillah semoga gambaran yang sedikit ini bisa mewakilkan apa yang ada di kepalaku hehe.

Masuk ke hutan belantara ilmu tanpa mempersiapkan peta belajar ini, akan membuat kita mudah tersesat di perjalanan. Sehingga perlu menetapkan hati dan fokus pada kebutuhan diri agar proses ini adalah menjadi benchmarking untuk diri kita di masa depan.


#hutankupucekatan
#petaperjalananbelajar
#lacakkekuatanmu
#institutibuprofesional

Sumber rujukan :
Materi Perkuliahan Kelas Bunda Cekatan Institut Ibu Profesional

0 comments

Terimakasih sudah berkunjung di blog Saya. Mohon tidak meninggalkan link hidup di kolom komentar.