oktaviawinarti.com

[MAGANG LYFE #day5]

Konten [Tampil]

"Itu penugasan dari kampus atau inisiasi kalian?", tanya dr.A
"Bukan, dr.X yang jadwalin khusus buat kami", jawabku
"Wah dr.X kreatif ya, haha" canda dr.A.

Jadi, ada seorang dokter (dr.A) yang sedang memperlakukan kami seperti mahasiswa yang sedang KOAS. Padahal mah #calondokter juga bukan. Wkwk

Hari ini tanpa disangka-sangka, hatinya luluh oleh wajah memelas kami. Eh bukan, maksudnya luluh oleh kalimat mujarab dari dr.X sehingga beliau mau memberikan mata kuliah berfaedah untuk kami. Padahal sejak awal bertemu, beliau keliatan mau meng-ospek kami  #negativethinkingalert

Jadi..selama satu minggu ini , Aku magang di seksi bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah (UKLW) KKP Semarang.

Kerjaannya adalah melaksanakan perencanaan dan evaluasi serta penyusunan laporan di bidang pelayanan kesehatan terbatas, kesehatan haji, kesehatan kerja, kesehatan matra, vaksinasi internasional, pengembangan jejaring kerja, kemitraan, kajian dan teknologi, serta pendidikan dan pelatihan bidang upaya kesehatan pelabuhan di wilayah kerja bandara, pelabuhan, dan lintas batas darat negara. (Permenkes No 356 Tahun 2008)

dr. A adalah salah satu bagian dari UKLW. Beliau ini suka menantang kami. Tapi kami yang kurang peka. Sehingga waktu kami habis untuk mengutuk gaya ospek-an beliau.

Hari ini adalah keajaiban, karena beliau bisa tersenyum dan berbagi ilmu dengan kami. Awalnya sempat ragu, namun harus #positivethinking beliau itu meskipun keliatan sangar tapi hatinya hellokitty.

Nah di satu sisi, kami sangat senang berdiskusi dengan dr.X yang memang sangat kreatif dan suka cerita. Beruntung banget, karena bisa sekalian konsul kesehatan gratis 

Nah dr.X ini dari awal ketemu, udah planning ngasih simulasi pertolongan pertama di Ambulans. Beliau juga sempet ngasih simulasi tentang pemakaian alat AED (Automated External Defibrillator) portabel untuk menganalisa irama jantung seorang korban yang mengalami henti jantung. Intinya, perlakuan dr.X jauh beda dan jauh lebih baik daripada perlakuan dr.A.

Tapi diam-diam, tanpa kami sadari, dr.A mengendus pikiran kumal kami. Sehingga mungkin beliau tidak tega dan mau berbagi pandangan tentang keahliannya.

Nah beliau ini adalah dokter spesialis penerbangan. Penyakit penerbangan dari A-Z beliau kuasai. Dan alhamdulillah-nya setelah dapet pencerahan ilmu dari beliau Aku jadi amazed sama ciptaan Allah.

 Meskipun keliatan sangar, tapi insight yang beliau paparkan begitu mendalam (ini yang Aku rasain secara pribadi). Allah menciptakan segala sesuatunya seimbang. Tanpa takdir Allah, maka mustahil kehidupan ini akan berjalan dengan normal.

Satu pelajaran berharga yang Aku dapatkan hari ini adalah bisa jadi orang yang tidak kita sukai, membuka pikiran serta menjadi jalan hidayah untuk kita.

Jadi, jangan terlalu baper deh ketika ada orang yang belum lama kita kenal dan dari gerak-geriknya 'kelihatan' nggak bersahabat. Coba diamati dulu dan deketin. Siapkan pikiran dan hati kita supaya nggak kaget apalagi gumunan.

Terakhir, tetap bersyukur karena kita diciptakan berbeda-beda. Karena dengan itu kita jadi bisa saling mengenal.




Related Posts

Post a Comment